SEKOLAH INKLUSI TINGKAT DASAR

Di sebuah sekolah, seorang anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki kelebihan dalam membaca Al-Quran, dengan penuh percaya diri menjadi salah satu petugas upacara membaca Al-Quran. Di lain hari, seorang anak berkebutuhan khusus lainnya yang memiliki kelebihan dalam drama, memainkan perannya sebagai seorang tokoh binatang. Di lain kesempatan, anak-anak berkebutuhan khusus dengan penuh kegembiraan belajar bersama di kelas bersama anak-anak lainnya. Bahkan pernah di sebuah ruangan, anak berkebutuhan khusus yang memiliki kelebihan dalam menghafal Al-Quran, melafalkan bacaannya dengan semangat di depan teman-temannya yang kebanyakan belum hafal surat itu. Di sekolah ini semua anak dengan kondisi yang berbeda-beda belajar dengan kekuatan masing-masing. Setiap kelebihan pada anak dimotivasi dan diwadahi dalam berbagai kegiatan sekolah.

Itulah sekelumit suasana di sebuah sekolah inklusi. Sekolah inklusi adalah sebuah sekolah yang memberikan pelayanan pendidikan untuk semua anak tanpa membeda-bedakan kondisnya. Bagi anak berkebutuhan khusus di tingkat sekolah dasar merupakan program untuk menemukan kelebihan dan keterampilan dasar yang menjadi minatnya. Di sekolah dasar ini anak berkebutuhan khusus akan diamati, distimulus dan diberi rangsangan sehingga semua potensinya akan berkembang. Di akhir sekolah, guru dan tutor yang telah mengamati perkembangannya akan menemukan kelebihan dan bakatnya. Dengan penemuan bakat ini, diharapkan di sekolah lanjutan nanti, anak akan bisa menemukan kelebihan diri dan menjadikan kelebihan itu sebagai bekal untuk masa depannya. Sehingga anak-anak ABK akan memiliki kemandirian dalam hidupnya. Sehingga, diharapkan pada masa mendatang sang anak sudah memiliki minat khsuus yang akan membantunya menggapai masa depannya.

Dewasa ini anak berkebutuhan khsusus semakin banyak. Untuk itu sekolah model inklusi menjadi sebuah keharusan untuk mewadahi pendidikan mereka. Sehingga anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan di sekolah bersama anak-anak lainnya.

Sumber :
http://slbkapas.blogspot.com/2012/04/sekolah-inklusi-sekolah-impian-anak.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: