Sekolah Inklusi

Pengertian Sekolah Inklusi

Menurut Lapsky dan Gartner (dalam Fredericson dan Cline 2002:66) inklusi didefinisikan sebagai ketentuan pelayanan terhadap siswa yang cacat, termasuk mereka dengan kecacatan yang berat di kelas pendidikan umum, disertai dengan layanan pendukung dan bantuan tambahan yang diperlukan untuk anak dan guru agar berhasil dalam akademik, perilaku dan partisipasi sosial.

Inklusi itu sendiri dapat berarti penerimaaan anak-anak yang memiliki hambatan ke dalamkurikulum, lingkungan, interaksi sosial dan konsep diri (visi-misi) sekolah (Smith, 2006:45).
Pengertian inklusi oleh Shaffer (2002:593) adalah praktek pendidikan penggabungan untuk siswa yang cacat dengan kebutuhan khusus ke dalam kelas reguler. Ini merupakan ha yang lebih baik daripada memasukkan mereka kedalam pendidikan khusus yang terpisah.

Sekolah inklusi adalah sekolah yang menyediakan layanan belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama-sama dengan anak normal dalam komunitas sekolah, menampung semua murid di kelas yang sama dengan memperhatikan kebutuhan setiap anak agar dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan mereka. Selain itu sekolah inklusi merupakan tempat bagi setiap anak untuk dapat diterima menjadi bagian dari kelas, dapat merespon keberagaman melaluui kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan setiap anak dan berinteraksi dengan masyarakat (Supriyadi, 2007:7).

Tujuan Sekolah Inklusi

Adapun tujuan dari sekolah inklusi ini (Tarsidi, 2007), yaitu:
1. Untuk mendidik anak berkebutuhan khusus akibat kecacatannya dikelas reguler bersama-sama dengan anak-anak lain yang non cacat, beserta dukungan yang sesuai dengan kebutuhannya.
2. Untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusu dan memberi kesempatan bersosialisasi
Manfaat Sekolah Inklusi
Beberapa manfaat dari sekolah inklusi ini (Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, 2007), yaitu:
1. bagi anak berkebutuhan khusus diharapkan untuk dapat bersosialisasi dengan kelompok sebaya normal lainnya dengan baik, tidak menerima banyak tekanan dan tidak terisolasi dalam dunianya sendiri.
2. bagi anak yang normal, sekolah inklusi mengajarkan banyak hal, antara lain bersikap terbuka terhadap perbedaan, menanamkan rasa empati, tidak memandang rendah anak berkebutuhan khusus dan memupuk sikap saling menolong.

Sumber:
ndaikuawan.student.umm.ac.id
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=pengertian%20sekolah%20inklusi&source=web&cd=10&ved=0CGQQFjAJ&url=http%3A%2F%2Fndaikuawan.student.umm.ac.id%2Fdownload-as-doc%2Fstudent_blog_article_49.doc&ei=wVuqT-HmD_CViQeZncGyAw&usg=AFQjCNH9Cs_PBssCfCl5grO-3FwdQslqvQ&cad=rja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: